Silabus Mapel IPA SMP Kelas VII K13
SILABUS IPA KELAS VII
Kompetensi
DasarMateri
PembelajaranKegiatan
Pembelajaran3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya
Pengukuran
Besaran Pokok dan turunan
Satuan baku dan tak baku
Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit
Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
Klasifikasi
Makhluk hidup dan benda tak hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
Klasifikasi makhluk hidup
Pengenalan mikroskopMengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
3.3 Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuranZat dan Karakteristiknya
Zat Padat, Cair, dan Gas
Unsur, Senyawa, dan Campuran
Sifat fisika dan kimia
Perubahan fisika dan kimiaMengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, makanan menjadi basi, dll
Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari danmendiskusi- kannya dengan teman
3.4 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
Suhu dan Kalor
Suhu
Alat pengukur suhu
Pemuaian
Kalor
Perpindahan kalor
Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
3.5 Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5.Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
Energi
Bentuk-bentuk energi
Sumber energi
Perubahan bentuk energi
Transformasi energi dalam sel
Fotosintesis
Respirasi Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
3.6 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/
hewan
Sistem Organisasi Kehidupan
Sel
Jaringan
Organ
Sistem organ
Organisme
Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal
Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik
Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
Makhluk Hidup dan Lingkungan
Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
Dinamika populasi
Mengamati ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya
Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan simbiosis
Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan
Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman.
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatanPencemaran Lingkungan
Pencemaran udara
Pencemaran air
Pencemaran tanah
Dampak pencemaran bagi ekosistemMengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar
Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah serta mengajukan penyelesaian masalahnya
Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar
3.9 Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/
penanggulangan masalah perubahan iklim Perubahan Iklim
Penyebab terjadinya perubahan iklim
Dampak perubahan iklimbagi ekosistem Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim
Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem
Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya3.10Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya
4.10 Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnyaLapisan Bumi dan Bencana
Lapisan bumi
Gunung api
Gempa bumi dan tsunami
Tindakan tanggap bencana
Mengamati tayangan atau model lapisan bumi
Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami
Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi
Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam3.11 Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
Tata Surya
Sistem tata surya
Karakteristik anggota tata surya
Matahari sebagai bintang
Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan di bumi
Gerhana bulan dan matahari
Terjadinya pasang surut
Mengamati model sistem tata surya
Mendiskusikan orbit planet
Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan
Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana
Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
SILABUS IPA KELAS VIII
Kompetensi
DasarMateri
PembelajaranKegiatan
Pembelajaran3.1 Memahami gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
4.1 Membuat tulisan tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusiaSistem Gerak pada Manusia
Struktur dan fungsi rangka
Struktur dan fungsi sendi
Struktur dan fungsi otot
Upaya menjaga kesehatan sistem gerak
Mengamati struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia
Melakukan percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta mekanisme kerja jaringan otot
Mengidentifikasi gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya
Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan teman3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
Gerak dan Gaya
Gerak pada benda
Hukum Newton tentang gerak
Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
Melakukan percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
Melakukan percobaan mengukur kecepatan dan percepatan
Melakukan percobaan hukum Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup dan benda dalam kehidupan sehari-hari
Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam bentuk tulisan
Mengamati dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam3.3 Memahami konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Pesawat Sederhana
Kerja/Usaha
Jenis pesawat sederhana
Keuntungan mekanik
Prinsip pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
Mengamati cara kerja pesawat sederhana secara langsung/video
Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring
Melakukan percobaan dan mengidentifikasi mekanisme kerja pesawat sederhana serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
Melaporkan/ memaparkan hasil penyelidikan tentang manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
4.4 Mengomunikasi-kan teknologi yang terinspirasi oleh hasil pengamatan struktur tumbuhan dari berbagai sumber
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
Struktur dan fungsi akar, batang dan daun
Struktur dan fungsi bunga, buah dan biji
Struktur dan fungsi Jaringan
Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhanMengamati dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Menyusun rencana dan melakukan percobaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap struktur dan fungsi tumbuhan serta tekno-logi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Melaporkan/ memaparkan hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur jaringan
Melaporkan hasil pengamatan teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan dan mendiskusikannya dengan teman.
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawiSistem Pencernaan pada manusia
Zat makanan
Uji bahan makanan
Organ pencernaan
Enzim pencernaan
Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
Mengamati berbagai bahan makanan dan melakukan pengujian kandungan bahan makanan
Melakukan percobaan uji bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak dan protein
mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh
mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
Menyimpulkan, melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan mendiskusikannya dengan teman
3.6 Memahami berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatanZat Aditif dan Zat Adiktif
Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman
Jenis zat adiktif
Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan
Mengamati bahan makanan di lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan berita penyalahgunaan zat adiktif
Mengidentifikasi zat-zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan jenis-jenis zat adiktif serta penyalah-gunaannya dalam kehidupan
Menyimpulkan dan melaporkan hasil identifikasi jenis-jenis zat aditif dan adiktif serta penyalahgunaan-nya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung
Sistem Peredaran Darah
Organ peredaran darah
Jenis peredaran darah
Penyakit pada sistem peredaran darah
Mengamati modelsistem peredaran darah.
Mengidentifikasi komponen darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran darah pada manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah
Melakukan penyelidikan dan menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, durasi) dengan frekuensi denyut jantung3.8 Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhanTekanan Zat
Tekanan zat padat, cair, dan gas
Tekanan darah
Osmosis
Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhanMengamati berbagai fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair dan gas serta tekanan pada pembuluh darah manusia dan jaringan angkut pada tumbuhan
Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia, osmosis, dan peristiwa kapilaritas
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya
Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas dalam bentuk peta konsep dan mendiskusikannya dengan teman.3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasanSistem Pernapasan
Organ pernapasan
Mekanisme pernapasan
Gangguan pada sistem pernapasan
Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
Mengamati model sistem pernapasan.
Mengidentifikasi organ pernapasan, mekanisme pernapasan, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem pernapasan
Menuliskan laporan dan memaparkan hasil identifikasi organ, mekanisme sistem pernapasan dan penyakit serta upaya menjaga kesehatan
Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan 3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diriSistem Ekskresi
Struktur dan fungsi sistemekskresi
Gangguan pada sistem ekskresi
Upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
Mengamati tayangan/model sistem ekskresi
Mengidentifikasi struktur dan fungsi, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem ekskresi
Membuat karya tulis tentang menjaga kesehatan sistem ekskresi dan mendiskusikannya dengan teman
3.11 Menerapkan konsep getaran, gelombang, bunyi, dan sistem pendengaran dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem sonar pada hewan
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
Getaran, Gelombang, dan Bunyi
Getaran
Gelombang
Bunyi
Sistem pendengaran pada manusia
Pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Sistem sonar pada hewan
Mengamati fenomena getaran pada bandul ayunan, gelombang pada tali/slinki serta bunyi dari berbagai sumber bunyi
Mengamati mekanisme mendengar pada manusia dan sistem sonar pada hewan
Melakukan percobaan untuk mengukur periode dan frekuensi getaran bandul ayunan
Melakukan percobaan untuk mengukur besaran-besaran pada gelombang
Mengidentifikasi bagian-bagian sistem pendengaran untuk mengetahui mekanisme mendengar pada manusia
Melakukan percobaan frekuensi bunyi dan resonansi untuk menjelaskan sistem sonar pada hewan
Menyajikan hasil percobaan dan identifikasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman3.12. Memahami sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
Cahaya
Sifat-sifat cahaya
Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
Penglihatan manusia
Proses pembentukan bayangan pada mata serangga
Alat optik
Melakukan pengamatan fenomena serta mendiskusikannya terkait dengan pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pelangi, jalan aspal nampak berair, sedotan yang terlihat patah di dalam gelas berisi air
Mengamati bayangan pada cermin dan lensa.
Mengamati mata manusia dan mata serangga serta mengidentifikasi kesamaannya dengan alat-alat optik seperti lup, kamera, dan mikroskop
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik
Memaparkan hasil percobaan pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.
SILABUS KELAS IX
Kompetensi
DasarMateri
PembelajaranKegiatan
Pembelajaran3.1 Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
Sistem Reproduksi Pada Manusia
Pembelahan sel
Sistem reproduksi manusia
Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksiMengamati gambar/carta pembelahan sel
Mengidentifikasi pembelahan mitosis dan meiosis
Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta fungsinya
Mengumpulkan informasi tahapan pembentukan sel sperma (spermato-genesis) dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi
Mengidentifikasi tahapan-tahapan menstruasi
Mengamati fertilisasi dan perkembangan embrio
Mengumpulkan informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi3.2 Memahami sistem perkembang-biakan pada tumbuhan dan hewan
4.2 Menyajikan karya hasil perkembang-biakan pada tumbuhanSistem PerkembangbiakanPada Tumbuhan dan Hewan
Reproduksi pada tumbuhan
Teknologi reproduksi pada tumbuhan
Reproduksi pada hewan
Teknologi reproduksi pada hewan
Mengamati gambar reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan dan hewan
Mengidentifikasi reproduksi aseksual dan seksual serta mengumpulkan informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan
Menyajikan hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku dan tumbuhan berbiji dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
Pewarisan sifat
Materi genetik
Hukum pewarisan sifat
Pewarisan sifat pada manusia
Kelainan sifat menurun pada manusia
Penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup
Adaptasi dan seleksi alamMengamati karakteristik teman sebaya untuk mengidentifikasi keragaman
Mengidentifikasi struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetic serta melakukan praktek pemodelan persilangan monohibrid dan dihibrid untuk mendapatkan konsep hukum pewarisan sifat
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan seleksi alam seperti: bunglon yang beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain
Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan yang merupakan varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman.3.4 Memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
Listrik Statis
Interaksi antara muatan listrik
Gaya listrik
Potensial listrik
Kelistrikan pada sistem saraf
Hewan yang mengandung listrik
Mengamati interaksi antara dua benda bermuatan listrik misal potongan kertas yang ditarik oleh penggaris plastik
Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksi (gaya listrik) dua benda bermuatan terhadap jarak
Menyelidiki peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan konsep potensial listrik
Mengidentifikasi kelistrikan pada sistem saraf serta hewan-hewan penghasil listrik
Menyajikan hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrikRangkaian Listrik
Arus listrik
Hukum Ohm
Hukum I Kirchhoff
Rangkaian listrik
Sumber energi listrik
Energi dan daya listrik
Penghematan energi listrik
Sumber energi listrik alternatif
Mengamati berbagai peralatan listrik serta nyala lampu pada beberapa rangkaian listrik yang ada di lingkungan sekolah
Melakukan percobaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, hubungan antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik , mengukur arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik seri dan paralel
Mengidentifikasi sumber-sumber energi listrik, faktor-faktor yang memengaruhi besarnya energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka penghematan energi listrik
Mengidentifikasi jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan
Menyajikan hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik, dan mendiskusikannya dengan teman3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetikKemagnetan
Sifat magnet
Cara membuat magnet
Kemagnetan bumi
Induksi elektromagnetik
Transformator
Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan
Pergerakannavigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet
Mengamati berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik
Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan magnet
Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan
Mengumpulkan informasi mengenai pergerakan/navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi
Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana3.7 Memahami konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional (misalnya tempe, tape, kecap, yoghurt, atau produk lainnya)Bioteknologi dan Produksi Pangan
Prinsip dasar bioteknologi
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi modern
Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusiaMengamati berbagai produk bioteknologi konvensional misalnya tempe, kecap, tape, nata de coco, dll
Membedakan prinsip bioteknologi konvensional dan modern
Melakukan percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat tape, tempe, atau yoghurt
Mengumpulkan informasi tentang penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup manusia dan mendiskusikan hasilnya dengan teman3.8.Memahami konsep partikel materi, atom ion, dan molekul, struktur zat sederhana, dan hubungannya dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta dampak penggunaan bahan terhadap kesehatan manusia
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hariSifat Bahan
Atom, ion, dan molekul
Sifat bahan
Pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
Pengaruh bahan terhadap kesehatanMengamati model atom serta berbagai macam bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam
Mengidentifikasi bagian-bagian atom serta sifat-sifat fisik bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam melalui penyelidikan
Mengidentifikasi pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruh bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
Menyajikan karya ide kreatif pemanfaatan bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam.
3.9 Memahami sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupanTanah dan Kehidupan
Peranan tanah untuk keberlanjutan kehidupan
Peranan organisme dalam tanah
Proses pembentukan tanah
Komponen penyusun tanah
Mengamati berbagai tekstur, lapisan-lapisan serta komponen-komponen tanah yang ada di lingkungan sekitar
Melakukan percobaan tentang peranan tanah bagi kehidupan serta mengidentifikasi peran organisme yang ada di permukaan dan dalam tanah
Mengumpulkan informasi mengenai proses pembentukan tanah serta mengidentifikasi komponen penyusun tanah dan tingkat kesuburan tanah melalui percobaan
Membuat laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman3.10 Memahami proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
4.10 Menyajikankarya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkunganProses dan Produk Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi ramah lingkungan
Aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
Teknologi tidak ramah lingkunganMengamati tayangan penggunaan biogas, sel surya, mobil listrik, atau aplikasi teknologi ramah lingkungan yang lain
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya
Menganalisis dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam
Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dan mendiskusikannya dengan teman
Kompetensi
DasarMateri
PembelajaranKegiatan
Pembelajaran3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya
Pengukuran
Besaran Pokok dan turunan
Satuan baku dan tak baku
Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit
Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman3.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
Klasifikasi
Makhluk hidup dan benda tak hidup
Ciri-ciri makhluk hidup
Klasifikasi makhluk hidup
Pengenalan mikroskopMengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
3.3 Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuranZat dan Karakteristiknya
Zat Padat, Cair, dan Gas
Unsur, Senyawa, dan Campuran
Sifat fisika dan kimia
Perubahan fisika dan kimiaMengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, makanan menjadi basi, dll
Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari danmendiskusi- kannya dengan teman
3.4 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
Suhu dan Kalor
Suhu
Alat pengukur suhu
Pemuaian
Kalor
Perpindahan kalor
Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
3.5 Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5.Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
Energi
Bentuk-bentuk energi
Sumber energi
Perubahan bentuk energi
Transformasi energi dalam sel
Fotosintesis
Respirasi Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
3.6 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/
hewan
Sistem Organisasi Kehidupan
Sel
Jaringan
Organ
Sistem organ
Organisme
Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal
Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik
Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
Makhluk Hidup dan Lingkungan
Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
Dinamika populasi
Mengamati ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya
Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan simbiosis
Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan
Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman.
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatanPencemaran Lingkungan
Pencemaran udara
Pencemaran air
Pencemaran tanah
Dampak pencemaran bagi ekosistemMengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar
Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah serta mengajukan penyelesaian masalahnya
Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar
3.9 Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/
penanggulangan masalah perubahan iklim Perubahan Iklim
Penyebab terjadinya perubahan iklim
Dampak perubahan iklimbagi ekosistem Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim
Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem
Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya3.10Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya
4.10 Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnyaLapisan Bumi dan Bencana
Lapisan bumi
Gunung api
Gempa bumi dan tsunami
Tindakan tanggap bencana
Mengamati tayangan atau model lapisan bumi
Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami
Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi
Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam3.11 Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
Tata Surya
Sistem tata surya
Karakteristik anggota tata surya
Matahari sebagai bintang
Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan di bumi
Gerhana bulan dan matahari
Terjadinya pasang surut
Mengamati model sistem tata surya
Mendiskusikan orbit planet
Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan
Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana
Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
SILABUS IPA KELAS VIII
Kompetensi
DasarMateri
PembelajaranKegiatan
Pembelajaran3.1 Memahami gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
4.1 Membuat tulisan tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusiaSistem Gerak pada Manusia
Struktur dan fungsi rangka
Struktur dan fungsi sendi
Struktur dan fungsi otot
Upaya menjaga kesehatan sistem gerak
Mengamati struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia
Melakukan percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta mekanisme kerja jaringan otot
Mengidentifikasi gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya
Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan teman3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
Gerak dan Gaya
Gerak pada benda
Hukum Newton tentang gerak
Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
Melakukan percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
Melakukan percobaan mengukur kecepatan dan percepatan
Melakukan percobaan hukum Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup dan benda dalam kehidupan sehari-hari
Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam bentuk tulisan
Mengamati dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam3.3 Memahami konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Pesawat Sederhana
Kerja/Usaha
Jenis pesawat sederhana
Keuntungan mekanik
Prinsip pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
Mengamati cara kerja pesawat sederhana secara langsung/video
Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring
Melakukan percobaan dan mengidentifikasi mekanisme kerja pesawat sederhana serta hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
Melaporkan/ memaparkan hasil penyelidikan tentang manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
4.4 Mengomunikasi-kan teknologi yang terinspirasi oleh hasil pengamatan struktur tumbuhan dari berbagai sumber
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
Struktur dan fungsi akar, batang dan daun
Struktur dan fungsi bunga, buah dan biji
Struktur dan fungsi Jaringan
Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhanMengamati dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Menyusun rencana dan melakukan percobaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap struktur dan fungsi tumbuhan serta tekno-logi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Melaporkan/ memaparkan hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur jaringan
Melaporkan hasil pengamatan teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan dan mendiskusikannya dengan teman.
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawiSistem Pencernaan pada manusia
Zat makanan
Uji bahan makanan
Organ pencernaan
Enzim pencernaan
Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
Mengamati berbagai bahan makanan dan melakukan pengujian kandungan bahan makanan
Melakukan percobaan uji bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak dan protein
mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh
mengumpulkan informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
Menyimpulkan, melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan mendiskusikannya dengan teman
3.6 Memahami berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatanZat Aditif dan Zat Adiktif
Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman
Jenis zat adiktif
Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan
Mengamati bahan makanan di lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan berita penyalahgunaan zat adiktif
Mengidentifikasi zat-zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan jenis-jenis zat adiktif serta penyalah-gunaannya dalam kehidupan
Menyimpulkan dan melaporkan hasil identifikasi jenis-jenis zat aditif dan adiktif serta penyalahgunaan-nya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung
Sistem Peredaran Darah
Organ peredaran darah
Jenis peredaran darah
Penyakit pada sistem peredaran darah
Mengamati modelsistem peredaran darah.
Mengidentifikasi komponen darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran darah pada manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah
Melakukan penyelidikan dan menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, durasi) dengan frekuensi denyut jantung3.8 Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhanTekanan Zat
Tekanan zat padat, cair, dan gas
Tekanan darah
Osmosis
Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhanMengamati berbagai fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair dan gas serta tekanan pada pembuluh darah manusia dan jaringan angkut pada tumbuhan
Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia, osmosis, dan peristiwa kapilaritas
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya
Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas dalam bentuk peta konsep dan mendiskusikannya dengan teman.3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasanSistem Pernapasan
Organ pernapasan
Mekanisme pernapasan
Gangguan pada sistem pernapasan
Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
Mengamati model sistem pernapasan.
Mengidentifikasi organ pernapasan, mekanisme pernapasan, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem pernapasan
Menuliskan laporan dan memaparkan hasil identifikasi organ, mekanisme sistem pernapasan dan penyakit serta upaya menjaga kesehatan
Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan 3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diriSistem Ekskresi
Struktur dan fungsi sistemekskresi
Gangguan pada sistem ekskresi
Upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
Mengamati tayangan/model sistem ekskresi
Mengidentifikasi struktur dan fungsi, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem ekskresi
Membuat karya tulis tentang menjaga kesehatan sistem ekskresi dan mendiskusikannya dengan teman
3.11 Menerapkan konsep getaran, gelombang, bunyi, dan sistem pendengaran dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem sonar pada hewan
4.11 Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
Getaran, Gelombang, dan Bunyi
Getaran
Gelombang
Bunyi
Sistem pendengaran pada manusia
Pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Sistem sonar pada hewan
Mengamati fenomena getaran pada bandul ayunan, gelombang pada tali/slinki serta bunyi dari berbagai sumber bunyi
Mengamati mekanisme mendengar pada manusia dan sistem sonar pada hewan
Melakukan percobaan untuk mengukur periode dan frekuensi getaran bandul ayunan
Melakukan percobaan untuk mengukur besaran-besaran pada gelombang
Mengidentifikasi bagian-bagian sistem pendengaran untuk mengetahui mekanisme mendengar pada manusia
Melakukan percobaan frekuensi bunyi dan resonansi untuk menjelaskan sistem sonar pada hewan
Menyajikan hasil percobaan dan identifikasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman3.12. Memahami sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
4.12 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
Cahaya
Sifat-sifat cahaya
Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
Penglihatan manusia
Proses pembentukan bayangan pada mata serangga
Alat optik
Melakukan pengamatan fenomena serta mendiskusikannya terkait dengan pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pelangi, jalan aspal nampak berair, sedotan yang terlihat patah di dalam gelas berisi air
Mengamati bayangan pada cermin dan lensa.
Mengamati mata manusia dan mata serangga serta mengidentifikasi kesamaannya dengan alat-alat optik seperti lup, kamera, dan mikroskop
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik
Memaparkan hasil percobaan pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.
SILABUS KELAS IX
Kompetensi
DasarMateri
PembelajaranKegiatan
Pembelajaran3.1 Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
Sistem Reproduksi Pada Manusia
Pembelahan sel
Sistem reproduksi manusia
Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksiMengamati gambar/carta pembelahan sel
Mengidentifikasi pembelahan mitosis dan meiosis
Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan beserta fungsinya
Mengumpulkan informasi tahapan pembentukan sel sperma (spermato-genesis) dan sel telur (oogenesis) serta proses menstruasi
Mengidentifikasi tahapan-tahapan menstruasi
Mengamati fertilisasi dan perkembangan embrio
Mengumpulkan informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi3.2 Memahami sistem perkembang-biakan pada tumbuhan dan hewan
4.2 Menyajikan karya hasil perkembang-biakan pada tumbuhanSistem PerkembangbiakanPada Tumbuhan dan Hewan
Reproduksi pada tumbuhan
Teknologi reproduksi pada tumbuhan
Reproduksi pada hewan
Teknologi reproduksi pada hewan
Mengamati gambar reproduksi aseksual dan seksual tumbuhan dan hewan
Mengidentifikasi reproduksi aseksual dan seksual serta mengumpulkan informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan
Menyajikan hasil identifikasi reproduksi aseksual dan seksual pada tumbuhanlumut, paku dan tumbuhan berbiji dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
Pewarisan sifat
Materi genetik
Hukum pewarisan sifat
Pewarisan sifat pada manusia
Kelainan sifat menurun pada manusia
Penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup
Adaptasi dan seleksi alamMengamati karakteristik teman sebaya untuk mengidentifikasi keragaman
Mengidentifikasi struktur DNA dan kromosom sebagai materi genetic serta melakukan praktek pemodelan persilangan monohibrid dan dihibrid untuk mendapatkan konsep hukum pewarisan sifat
Mengumpulkan informasi yang terkait dengan adaptasi dan seleksi alam seperti: bunglon yang beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya, pohon jati yang menggugurkan daunnya, atau fenomena lain
Membuat laporan tertulis mengenai varietas tanaman dan hewan yang merupakan varietas unggul yang dikembangkan melalui persilangan dan mendiskusikannya dengan teman.3.4 Memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
Listrik Statis
Interaksi antara muatan listrik
Gaya listrik
Potensial listrik
Kelistrikan pada sistem saraf
Hewan yang mengandung listrik
Mengamati interaksi antara dua benda bermuatan listrik misal potongan kertas yang ditarik oleh penggaris plastik
Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksi (gaya listrik) dua benda bermuatan terhadap jarak
Menyelidiki peristiwa terjadinya petir untuk menjelaskan konsep potensial listrik
Mengidentifikasi kelistrikan pada sistem saraf serta hewan-hewan penghasil listrik
Menyajikan hasil percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta mendiskusikannya dengan teman3.5 Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
4.5 Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrikRangkaian Listrik
Arus listrik
Hukum Ohm
Hukum I Kirchhoff
Rangkaian listrik
Sumber energi listrik
Energi dan daya listrik
Penghematan energi listrik
Sumber energi listrik alternatif
Mengamati berbagai peralatan listrik serta nyala lampu pada beberapa rangkaian listrik yang ada di lingkungan sekolah
Melakukan percobaan rangkaian listrik terbuka dan tertutup, hubungan antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik , mengukur arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik seri dan paralel
Mengidentifikasi sumber-sumber energi listrik, faktor-faktor yang memengaruhi besarnya energi dan listrik serta upaya yang dapat dilakukan dalam rangka penghematan energi listrik
Mengidentifikasi jenis-jenis sumber energi listrik alternatif yang ramah lingkungan
Menyajikan hasil perbandingan arus listrik pada rangkaian seri dan paralel serta hasil penyelidikan karakteristik rangkaian listrik, dan mendiskusikannya dengan teman3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetikKemagnetan
Sifat magnet
Cara membuat magnet
Kemagnetan bumi
Induksi elektromagnetik
Transformator
Produk teknologi yang memanfaatkan kemagnetan
Pergerakannavigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet
Mengamati berbagai bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau induksi elektromagnetik
Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan magnet
Mengidentifikasi kutub-kutub kemagnetan bumi, sudut deklinasi, dan sudut inklinasi
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan informasi mengenai peristiwa induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan
Mengumpulkan informasi mengenai pergerakan/navigasi hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi
Menerapkan prinsip elektromagnet atau induksi elektromagnet dalam karya berupa produk teknologi sederhana3.7 Memahami konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional (misalnya tempe, tape, kecap, yoghurt, atau produk lainnya)Bioteknologi dan Produksi Pangan
Prinsip dasar bioteknologi
Bioteknologi konvensional
Bioteknologi modern
Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusiaMengamati berbagai produk bioteknologi konvensional misalnya tempe, kecap, tape, nata de coco, dll
Membedakan prinsip bioteknologi konvensional dan modern
Melakukan percobaan untuk membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat tape, tempe, atau yoghurt
Mengumpulkan informasi tentang penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup manusia dan mendiskusikan hasilnya dengan teman3.8.Memahami konsep partikel materi, atom ion, dan molekul, struktur zat sederhana, dan hubungannya dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta dampak penggunaan bahan terhadap kesehatan manusia
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hariSifat Bahan
Atom, ion, dan molekul
Sifat bahan
Pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
Pengaruh bahan terhadap kesehatanMengamati model atom serta berbagai macam bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam
Mengidentifikasi bagian-bagian atom serta sifat-sifat fisik bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam melalui penyelidikan
Mengidentifikasi pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruh bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
Menyajikan karya ide kreatif pemanfaatan bahan serat, karet, tanah liat, kaca/gelas, plastik, dan logam.
3.9 Memahami sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
4.9 Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupanTanah dan Kehidupan
Peranan tanah untuk keberlanjutan kehidupan
Peranan organisme dalam tanah
Proses pembentukan tanah
Komponen penyusun tanah
Mengamati berbagai tekstur, lapisan-lapisan serta komponen-komponen tanah yang ada di lingkungan sekitar
Melakukan percobaan tentang peranan tanah bagi kehidupan serta mengidentifikasi peran organisme yang ada di permukaan dan dalam tanah
Mengumpulkan informasi mengenai proses pembentukan tanah serta mengidentifikasi komponen penyusun tanah dan tingkat kesuburan tanah melalui percobaan
Membuat laporan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat dan pentingnya tanah bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman3.10 Memahami proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
4.10 Menyajikankarya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkunganProses dan Produk Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi ramah lingkungan
Aplikasi teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
Teknologi tidak ramah lingkunganMengamati tayangan penggunaan biogas, sel surya, mobil listrik, atau aplikasi teknologi ramah lingkungan yang lain
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai teknologi ramah lingkungan serta aplikasinya
Menganalisis dampak teknologi tidak ramah lingkungan terhadap lingkungan alam
Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi ramah lingkungan dan mendiskusikannya dengan teman
Comments
Post a Comment